-->

Bagian 6. Dasar komunikasi serial



Komunikasi serial adalah bagian penting dalam arduino .pin serial arduino biasanya berada di pin D0 dan D1 . Komunikasi serial biasanya digunakan untuk interfacing antara komputer atau smartphone dengan arduino baik itu melalui kabel atau wireless ,  antara arduino dengan arduino atau antara arduino dengan modul lain seperti lcd serial , modem ,gps dan sebagainya.

contoh dasar komunikasi serial

int dataMasuk = 0; void setup() { Serial.begin(9600); } void loop() { if (Serial.available() > 0) { dataMasuk= Serial.read();
     Serial.print("I received: "); Serial.println(dataMasuk, DEC); } }

penjelasan

contoh program diatas menjelaskan cara membaca data dan meresponya dengan mengirimkan kata atau kalimat sesuai keinginan ( dalam contoh I received ).

int dataMasuk=0; adalah variabel dengan tipe data integer dan nilai awal 0.

Serial.begin(9600); mulai membuka komunikasi serial dengan baudrate 9600.

di dalam statement if (){....} terdapat Serial.available() yang artinya jika ada data yang masuk ( 0=data kosong , >0 = ada data )  maka dataMasuk=Serial.read() ; adalah membaca data dari Tx ( pengirim ) dan simpan di variabel dataMasuk (baca dari kanan ke kiri) .
Serial.print("I received:"); memberikan respon ke pengirim dengan kalimat " I received : " diikuti oleh data yg sudah disimpan di variabel dataMasuk ,yaitu dengan cara Serial.print(dataMasuk,DEC). Misalkan data yg diterima adalah karakter/huruf 'A' maka respon yang dikembalikan ke pengirim adalah " I received : A " .


Demikian penjelasan singkat tentang komunikasi serial semoga bermanfaat . Jangan lupa tonton juga channel youtube saya di samping kanan atas mengenai penggunaan arduino . Terima kasih telah membaca



LihatTutupKomentar