-->

Pure Sine Wave Inverter Part 4

      Ini adalah materi terkahir untuk pembahasan Pure Sine Wave Inverter . Setelah pembahasan rumus dan pembuatan software maka terakhir adalah merancang rangkaian perangkat keras . untuk sekedar mencoba apakah semua yang kita buat dari awal bekerja dengan baik atau tidak maka rangkaian tidak perlu spek tinggi cukup menggunakan trafo kecil dan mosfet dengan daya kecil kita akan melihat bentuk gelombang dan kemampuan menyalakan perangkat elektronik dengan tegangan 220v dengan daya maksimal 100watt .


      Dalam rangkain tersebut sudah terdalapat rangkaian AVR ( auto voltage regulator ) namun dalam perancangan program yang sudah kita buat kemarin belum terdapat prosedur untuk mengendalikan tegangan output supaya stabil di angka 220v . Untuk itu , saya akan update program dengan cara menambahkan script/kode untuk menstabilkan tegangan output.

      Pada rangkaian di atas saya mengguanakan board arduino nano sebagai kontroller dan penghasil gelombang pure sine wave untuk memicu mosfet .
Sedangkan untuk driver mosfetnya saya menggunakan optocoupler supaya bisa memberikan tegangan picu ke mosfet yang maksimal dan sekaligus sebagai penapis tegangan balik ke output arduino jika terjadi sesuatu dengan mosfet yang dipakai. Optocoupler sendiri di dalamnya pemicu menggunakan sinar infrared sehingga antara input dan ouput tidak saling sentuh dan sangat aman untuk arduino . 

      Untuk power supply arduino saya menggunakan IC 7805 untuk menurunkan tegangan 12v ke 5v dari Power supply atau  aki ( accumulator ) . IC 7805 banyak sekali digunakan untuk menurunkan tegangan karena harganya yang murah dan banyak dijual di pasar Indonesia ,kemampuannya juga cukup mumpuni untuk mensuplay arus maks 1 Amper . Penggunaan IC 7805 harus dijaga tegangan inputnya maksimal 15v supaya tidak rusak dan jangan lupa dipasangkan heatsink supaya tegangan output tidak drop karena  over heat.

Sedangkan untuk Mosfet saya menggunakan N-Channel Mosfet seri IRF3205 .Anda bisa menggunakan seri lain dengan kemampuan arus yang lebih tinggi ,atau dengan cara di parallel antara mosfet seri yang sama untuk menambah kemampuan daya . selain itu untuk menambah daya tentunya juga dengan menggunakan trafo dengan daya yang lebih tinggi . 

Trafo yang digunakan adalah trafo dengan input CT ( Center Tap ) yang masing -masing tegangan 7v -12V jika menggunakan AKI 12volt . Amper trafo bisa disesuaikan dengan daya yang diinginkan bisa dihitung dengan dengan Rumus P=IxV.
P= Daya , I = arus (Amper)  dan V=Tegangan Input .

Demikian penjelasan singkat tentang desain hardware yang saya buat semoga bermanfaat . Jika ada kesalahan dalam perancangan hardware baik itu penulisan nilai komponen atau kesalahan pemasangan silahkan komen dibawah. 

Terima kasih sudah membaca jangan lupa like dan subscribe channel youtube di sebelah kanan atas semoga saya bisa membuat video tutorial lengkapnya supaya lebih mudah di pahami

LihatTutupKomentar