-->

Bagian 8. Praktek pengetahuan dasar dengan Thinkercad circuit

Semua dasar-dasar tentang arduino bagi pemula sudah saya jelaskan sebelumnya . Silahkan bagi yang belum membaca dari bagian 1-7 harap dipelajari terlebih dahulu .Jika sudah maka akan kita lanjutkan dengan praktek.
Bagi kawan - kawan yang belum memiliki board arduino dan komponen dasar elektronika tidak usah khawatir karena ada solusi dengan syarat harus punya koneksi internet yg mumpuni . Yang kita gunakan praktek berbasis cloud atau melalui website silahkan alamatnya adalah www.tinkercad.com .

silahkan ikuti langkah berikut untuk memulai

Langkah 1. pergi ke alamat website www.tinkercad.com 

langkah 2. daftar atau login menggunakan akun social media seperti google pluse ,facebook dll.

langkah 3. Login jika sudah terdaftar
langkah 4. setelah masuk pilih circuit dan create project

Langkah 5. Pilih menu Arduino dan pilih board yang ingin di simulasikan dengan cara click dan geser ke bagian kiri area kosong atau jobsheet.


Langkah 6. Untuk melihat atau membuat program/code arduinonya silahkan pilih Code.

Langkah 7 . menjalankan simulasi dan lihat hasilnya dengan menekan tombol start simulation.


Silahkan kreasikan ilmu yang sudah Anda dapatkan dari materi bagian 1-7 . Hasil simulasi ini sama dengan menggunakan board arduino real/fisik . Walaupun masih terbatas untuk kelas dasar/basic tapi ini sudah sangat mumpuni untuk mengasah kemampuan dalam membuat alat sederhana dengan arduino .

Jika ada pertanyaan atau saran silahkan komen di bawah .Jangan lupa juga subscribe dan tonton channel youtube saya di kanan atas .
Terima kasih sudah membaca . semoga kesuksesan menyertai kita semua 





LihatTutupKomentar