-->

Pure Sine Wave Inverter Part 1



Pure Sine Wave Inverter mulai banyak dijual di pasaran indonesia saat ini .Tapi , dengan harga yang lumayan tinggi dibandingkan dengan jenis inverter gelombang kotak atau modifikasi gelombang sinus ( modified sinewave ) . Banyak juga tersedia modul penghasil gelombang sinus yang bisa langsung dirakit sendiri sesuai dengan daya yang diinginkan .modul tersebut berbasis ic egs002 atau egs8010 . Bagi yang ingin membuat inverter pure sine wave sederhana bisa menggunakan board arduino .
Dasar pengetahuan untuk membuat generator gelombang sinus adalah PWM ( Pulse Width Modulator ) . PWM inilah yang di manfaatkan oleh semua jenis inverter termasuk gelombang kotak, modifikasi gelombang sinus dan gelomvang sinus murni . Jika Anda sudah paham tentang PWM ,cara mengatur frequensi dan duty cycle pasti anda bisa membuat sendiri sebuah inverter yang Anda inginkan . Gelombang sinus murni bisa dihasilkan dari PWM dengan mengatur persentase duty cyclenya , semakin besar persentasi duty cycle maka arus yang bisa dialirkan akan semakin besar begitu juga sebaliknya .
kita bisa lihat gambar berikut metode pembentukan gelombang sinus menggunakan pwm.

dari gambar di atas bisa di perhatikan perbandingan duty cycle pwm dan bentuk gelombang sinus . disana terlihat mulai dari sinus 0 derajat menuju 90 derajat dan ke 180 derajat duty cycle membesar sampai puncak dan mengecil kembali saat menuju 180 derajat.

Kalau Anda sudah bisa membuat bentuk pwm seperti itu maka Anda bisa mengatur frequensinya supaya hasil akhir frequensi setelah di filter menjadi 50-60Hz .

demikian sekilas tentang teori pembuatan inverter gelombang sinus . selanjutnya nanti kita belajar bagaimana perhitungan supaya frequensi akhir bisa menjadi 50-60Hz setelah di filter karena frequensi pwm pembentuk gelombang harus tinggi minimal 20KHz dan setelah difilter menjadi gelombang sinus murni frequensi menjadi 50-60Hz sesuai dengan aturan listrik di negara kita.


pure sinewave inverter arduino with auto voltage regulator



LihatTutupKomentar